Kamis, 29 September 2011

Hubungan Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk, masyarakat dan kebudayaan mempunyai hubungan yang sangat erat anatar satu sama lain.
penduduk merupakan sekumpulan manusia yang menempati wilayah dan ruang tertentu. Sedangkan masyarakat adalah sekumpulan penduduk yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan memiliki peraturan-peraturan yang berlaku dalam wilayah tersebut.
sebagai seorang masyarakat kita harus terus menjaga kebudayaan Indonesia yang semakin hari semaikin ditinggalkan. kita wajib dalam melestarikan kebudayaan yang telah diciptakan oleh nenek moyang kita dari zaman dahulu. Kebudayaan sendiri berarti hasil karya manusia untuk melangsungkan ataupun melengkapi kebutuhan hidupnya yang kemudian menjadi sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khas dari pada manusia ( masyarakat ) tersebut.
Masyarakat dan kebudayaan terus berkembang dari masa ke masa.  seiring beralannya waktu banyak sekali kebudayaan kebudayaan asing yang masuk kedalam negeri kita ini. Contohnya adalah cara berpakaian atau style sseseorang yang menirukan orang-orang luar negeri.
hal ini tentu sangat merugikan bagi kita sendiri ataupun bangsa dan negara karena semakin meningkatnya kebudayaan asing yang masuk maka semakin dilupakanlah kebudayaan asli dari indonesia. Sebuah kebudayaan juga dapat timbul dari sebuah interaksi manusia dengan manusia yang lain akibat suatu kebiasaan. nah kebiasaan inilah yang mengakibatkan kebudayaan baru terutama dalam hal pergaulan.
Kebudayaan juga dapat terwujud tergantung pada bagaimana masyarakat itu tibggal dan saling berinteraksi.
pada akhirnya terdapat konsepsi tentang kebudayaan manusia yang memberi gambaran bahwa hanya manusia saja yang mampu berkebudayaan/menghasilkan kebudayaan dan sebaliknya tak ada ebudayaan tanpa manusia.
HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN KEBUDAYAAN
- Masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan manusia karena hanya manusia yang hidup bermasyarakat.
- dimana orang bermasyarakat akan timbul kebudayaan
- manusia , masyarakat dan kebudayaan merupakan kesatuan uth karena dari 3 unsur inilah kehiduap sosial berlangsung.
Setiap negara pasti memiliki sebuah kebudayaan yang beragam namun semakin hari semakin hilangnya kesadaran akan menjaga kebudayaan tersebut. Sebagai bangsa Indonesia kita wajib untuk melestarikan kebudayaan yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita.

Bisa di definisikan hubungan antara penduduk, masyarakat dan kebudayaan Masyarakat zaman dahulupun meninggalkan hasil kebudayaan yang beraneka ragam, mulai dari peralatan, bahasa, lagu, bangunan – bangunan, hingga berbagai macam upacara adat.
Kebudayaan sendiri berkembang melalui beberapa periode. Mulai dari zaman prasejarah, zaman purba, zaman madya hingga zaman baru. Zaman baru di mulai sejak masuknya pengaruh barat ke Indonesia. Hingga saat ini zaman baru masih berlangsung. Proses berkembangnya kebudayaanpun masih terus berlangsung. Zaman baru membawa pengaruh dan perubahan yang besar. Mulai dari gaya hidup, cara berpakaian, bentuk bangunan dan lain – lain. Kebudayaan yang berasal dari luarpun tak hanya masuk, namun sebagian dari mereka bercampur dengan kebudayaan asli Indonesia sehingga terciptalah suatu kebudayaan yang baru.
Kebudayaan sendiri sebenarnya bergantung kepada bagaimana masyarakat itu tinggal dan berkomunikasi dengan sesamanya.
Dengan demikian setiap Negara memiliki kebudayaan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar